Penangkapan Ikan Dengan Curang Dihentikan Mentri Susi, Para Pengusaha Jahat Ini Malah Minta Ibu Susi Mundur


FUNESIA.NET-Kemarin siang Twitter menampilkan trending topic dengan hashtag alias tagar #GantiMenteriSusi. Tagar ini bahkan sempat menembus trending topic nomor satu di Indonesia.




Munculnya trending topic tersebut disebabkan adanya aksi demonstrasi sejumlah nelayan di depan Istana Merdeka. Mereka menolak kebijakan Susi melarang penggunaan cantrang sebagai alat tangkap ikan, dan meminta Susi mundur dari jabatannya.

Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Yussuf Solichien Martadiningrat mengungkapkan bahwa demonstrasi kemarin dilakukan oleh pengusaha-pengusaha perikanan yang takut keuntungannya menurun jika penggunaan cantrang dilarang.

"Itu yang minta Susi dicopot pengusaha-pengusaha ikan, pemilik-pemilik kapal yang dulu untungnya segede gini sekarang dipangkas," ujar Yussuf dalam Rakornas Satgas 115 di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

Pengusaha perikanan merasa dirugikan dengan dilarangnya penggunaan cantrang dalam menangkap ikan di laut Indonesia. Sehingga mereka menggunakan anak buah kapal (ABK) untuk melakukan aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka kemarin.

"Dia merasa dirugikan akhirnya menggunakan ABK-nya untuk demo," jelas Yussuf.

Yussuf menambahkan, penggunaan cantrang sebagai alat tangkap ikan sudah seharusnya diberhentikan karena berpotensi merusak lingkungan bawah laut. Namun, di sisi lain pemerintah harus memberikan solusi alat tangkap pengganti cantrang.

"Kita sepakat dengan pemerintah alat tangkap yang tidak ramah lingkungan perlu disetop. Oleh karena itu bagaimana solusinya," kata Yussuf.


Sumber : detik.com






Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...