Anies Kritik Subsidi Transportasi Saat Ini Yang Hanya Untuk TransJ


FUNESIA.NET-Debat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta memasuki sesi pertanyaan dari kalangan komunitas. Seorang warga DKI dari komunitas masyarakat transportasi, Daryono mendapat kesempatan untuk bertanya. 





"Pak sekarang masih banyak warga penghasilan di bawah UMP, jadi kami mahal di ongkos. Katanya ada yang tarif Rp 5.000 untuk semua trayek gabungan, ada juga Rp 3.500 dan ada transportasi Online yang lebih murah. Apakah dimungkinkan transportasi di Jakarta digratiskan sekalian Pak dan kami tertarik naik angkutan umum," tanya Daryono dalam sesi debat Pilgub DKI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017). 

Mengawali jawabannya, Anies mengucapkan terimakasih dalam bahasa jawa. "Matur nuwun Pak Daryono," kata Anies. 

Dia mengakui bahwa saat ini setidaknya 30 persen biaya hidup di Jakarta habis untuk transportasi. "Kami akan mengintegrasikan transportasi OK OTrip. Kami ingin seluruh model transportasi di Jakarta," tutur Anies. 

Menurut Anies, bus minor, bus menengah, BRT, LRT dan MRT nanti akan diintegrasikan dalam satu sistem. "Hari ini belum terintegrasi," kata dia. 

Nantinya, jika terpilih sebagai gubernur DKI, Anies berjanji akan membuat sistem transportasi terintegrasi. Pertama, integrasi biaya yakni Rp 5.000 untuk semua rute. "Termasuk dari Kepulauan Seribu," tegas Anies. 

Kedua, manajemen juga aterintegrasi dan ketiga kesejahteraan penyedia jasa transportasi juga terjamin. "Subsidi bukan hanya untuk TransJ tapi untuk semua. Hari ini subsidi baru untuk TransJ," papar Anies. 

detikcom menayangkan live streaming dan live report debat cagub-cawagub DKI Jakarta mulai pukul 19.30 WIB dari Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Debat berlangsung selama dua jam dan dibagi menjadi enam sesi.

Melalui panggung debat nanti malam para kandidat akan memaparkan program-programnya dan warga DKI bisa menentukan siapa gubernur pilihannya. 

Sumber : detik.com

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...