Kukumu Jamuran? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Funesia.net - Kuku merupakan bagian dari kecantikan. Kuku yang sehat, bersih dan indah adalah cerminan dari pemiliknya. Setiap orang, terutama wanita pasti ingin mempunyai kuku yang terjaga keindahannya. Tapi, sayang keinginan itu bisa saja terhalang karena padatnya kegiatan yang terkadang membuatmu harus dekat dengan air, lalu kepanasan. Hal ini dapat menyebabkan kuku terasa gatal, kering, rapuh, warnanya jelek dan bisa disebut dengan jamur kuku.


Walaupun kuku bisa disembunyikan, tapi sebaiknya jangan anggap sepele masalah jamur kuku ini. Sebab, infeksinya dapat meluas sampai pada jari kaki. Rasa sakit dan aroma tak sedap yang ditimbulkan juga menimbulkan ketidaknyamanan bagimu. Berupaya untuk menghilangkan jamur kuku bisa mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Karena harus membayar dokter dan membeli obat-obatan.

Tapi, ternyata ada kok cara yang lebih murah tanpa efek samping, mudah didapat lagi. Inilah pengobatan secara alami yang ampuh mengatasi jamur kuku!
  • Potong kuku kaki yang terinfeksi jamur, agar tidak meluas dan membantu larutan garam menjangkau area kuku yang terkena jamur.
  • Siapkan air hangat di dalam baskom, tingginya cukup untuk merendam jari-jari kaki. Pastikan jangan terlalu panas supaya kaki tidak terbakar.
  • Ambil handuk kecil, lalu gulung dan tempatkan di bawah tumit. Hal ini untuk memastikan ujung jari bisa terendam semua.
  • Tambahkan secangkir hidrogen peroksida ke dalam air hangat tadi, lalu celukan jari-jari kaki ke air tersebut.
  • Angkatlah kaki yang sudah basah, lalu tuangkan garam di atas jari-jari kaki. Bisrkan dulu sekitar 3 menit sebelum merendam lagi jari-jari kaki. Selama jari-jari kaki beserta garam diatasnya masih berada di luar baskom, tambahkan 1,5 cangkir garam ke dalam baskom yang berisi air tadi.
  • Setelah garam larut, masukkan lagi jari-jari kaki ke dalamnya dan rendam sekitar 30 menit.
  • Angkatlah jari-jari kaki dari larutan itu, kemudian keringkan menggunakan handuk. Kemudian, pijat lembut jari kaki dan kaki untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area tersebut.
  • Teteskan cuka satu atau dua kali pada kuku yang terinfeksi jamur lalu ratakan. Selama pengobatan ini jangan menggunakan sepatu atau kaos kaki karena dapat membuat kaki lembab dan jamur bisa lebih membandel. Lebih baik gunakan sandal saja.
  • Ulangilah perendaman kaki tersebut selama 30 menit secara rutin tiap hari sampai jamur kuku hilang.
  • Jika sudah menghilang, tetaplah melakukan perawatan dengan merendam jari kuku dengan larutan itu minimal seminggu sekali. Agar jamur tidak kambuh lagi.
Penyebab jamur kuku

Adanya jamur kuku disebabkan karena jamur dermatofit. Jamur ragi juga bisa menjadi penyebab adanya jamur kuku. Ketika kondisi kuku lembab dan hangat, jamur akan menjadikan kuku sebagai tempatnya bernaung. Jamur kuku biasanya kerap kali menyerang kuku pada jari kaki daripada jari tangan. Sebab, kondisi jari kaki membuat jamur senang berkembang, karena lembab, hangat dan gelap. Itu karena kaki sering dipakaikan kaos kaki dan sepatu.

Selain itu, pada jari kaki peredaran darahnya lebih sedikit daripada jari tangan. Sehingga, sistem imun tubuh kurang bisa mendeteksi terjadinya masalah dan tak bisa menghentikan infeksi pada area itu dengan cepat.

Yang menyebabkan kuku jamuran antara lain:

    Adanya kerusakan pada kulit atau kuku
    Ada di lingkungan yang lembap
    Menggunakan sepatu yang membuat kaki berkeringat
    Karena pemakaian kosmetik pada kuku atau menggunakan kuku palsu
    Karena sering menggigit kuku
    Keseringan mencuci tangan atau terlalu lama bersentuhan dengan air
    Mempunyai kesehatan yang buruk terutama penyakit diabetes atau psoriasis.

Sudah tahukan penyebab dan cara mengatasi jamur kuku? Upayakan untuk bisa menghindarinya ya!!

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...