Inilah 5 Khasiaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Oleh Orang

Kabarmanusia - Keberadaan telur sebagai bahan makanan pokok atau pelengkap sangat besar pengaruhnya untuk kehidupan manusia. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam telur. Mengkonsumsi 1 butir telur dalam sehari baik untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam telur antara lain protein, kalori dan lemak. Tubuh manusia tidak bisa menyimpan protein, karenanya protein harus didapat dari nutrisi makanan.

Satu butir telur sudah cukup bagi Anda setiap hari, karena sudah hampir memenuhi seluruh kebutuhan kalori yang disarankan perhari. Dan itu sehat, selama tidak menambah kalori dari sumber lainnya. Jika Anda bermasalah dengan kolesterol dan jantung, sebaiknya juga menghindari kebanyakan makan telur, khusus bagian kuningnya.

Telur dapat kita jadikan cara termudah, termurah, dan paling serbaguna, untuk mendapatkan asupan protein. Telur juga mengandung asam amino, antioksidan, dan zat besi.

Berikut ini adalah 5 manfaat telur untuk kesehatan :



1.Tidak Meningkatkan Kolestrol Dalam Tubuh
Di tahun 90-an, telur termasuk makanan dengan reputasi yang buruk karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Saat itu, telur dianggap lebih beresiko daripada bermanfaat untuk kesehatan. Memang benar telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Faktanya, sebutir telur (kuning telur) mengandung 210 mg kolesterol, lebih dari setengah jumlah kolesterol yang dianjurkan (300 mg).
2. Bagus untuk kesehatan mata
Salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan ketajaman mata serta kesehatan mata menurun. Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat membuat seseorang beresiko terkena gangguan mata seperti halnya penyakit degenerasi makula serta katarak. Bukan hanya vitamin A, namun telur juga mengandung Zeaxanthin serta Lutein yang merupakan dua antioksidan yang bagus untuk mata.

Kedua antikosidan yaitu Lutein dan Zeaxanthin tersebut biasanya terkumpul pada area retina yang bertugas untuk melindungi dari beragam jenis bahaya. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua, melainkan semua orang membutuhkan kedua jenis antioksidan ini. Hebatnya lagi telur telah digunakan dalam pengobatan mata seperti katarak. Semakin hari kesehatan serta ketajaman mata dapat berkurang karena berbagai alasan. Untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknya anda secara rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A yang dapat menjaga mata anda secara lebih baik.
3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung.
Kolestrol LDL dikenal dengan kolestrol “buruk”. Hal ini dikarenakan partikel LDL mengirim molekul lemak mereka ke dalam dinding arteri. Sedangkan HDL, dapat menghapus molekul lemak dari dinding arteri. Namun, tidak semua ukuran partikel LDL sama dalam tubuh. Partikel LDL yang besar baik untuk tubuh kita. Studi menunjukkan, orang yang memiliki partikel LDL yang kecil, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dibandingkan orang-orang yang memiliki partikel LDL yang besar.
4.Membantu Diet 
Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih tentu ingin sekali sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya. Dalam hal ini diet sehat merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak bagi kesehatan. Dalam menurunkan berat badan, mengonsumsi telur merupakan salah satu solusi bagi  penurunana berat badan anda.
Telur memiliki banyak kandungan protein yang dapat membuat perut terasa kenyang. Dengan kondisi perut terasa kenyang tersebut, kita akan terhindar dari rasa ingin makan berlebih sehingga dengan sendirinya mampu mengurangi berat badan anda. Untuk mendapat gizi serta nutrisi yang lebih sehat lagi, anda dapat mengkombinasikan telur dengan asupan yang lain seperti gandum utuh, telur serta sayur dan berbagai menu sehat yang lain.
5.Baik untuk Rambut dan Kuku
Rambut dan kuku biasanya dapat menggambarkan ketidakseimbangan biokimia dalam kurangnya nutrisi. Telur dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kuku karena kandungan vitamin A dan E, asam amino, serta berbagai vitamin dan mineral lain yang terkandung di dalamnya.
Rambut akan lebih kuat dan sehat jika anda mendapatkan asupan vitamin A, B12, protein, zync, serta sulfur, dan semua itu bisa anda dapat dari telur. Telur bahkan bisa digunakan untuk merawat rambut yang rusak dengan menjadikannya sebagai conditioner.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...