5 Cara Cepat Dan Aman Mengatasi Masuk Angin


FUNESIA.NET-Masuk angin adalah salah satu penyakit yang sering menghampiri banyak orang.  Ada banyak faktor penyebab masuk angin, mulai dari pengaruh cuaca, menurunnya kondisi tubuh, hingga virus yang menyebar.  Yang jelas, jika penyakit masuk angin tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa mengakibatkan penyakit berlangsung lebih lama dan aktivitas kerja terganggu.



Udara dingin, lembur kerja kantor, pulang kerja kehujanan, begadang, kurang tidur, kurang istirahat, ditambah tidak menjaga asupan makanan, masuk angin pun akan sangat mudah sekali menyerang. Penyakit ini sangat sering menyerang saat musim pancaroba atau penghujan. Di Indonesia sendiri, biasanya masyarakat menghilangkan masuk angin dengan cara kerokan.

Jika kamu sudah mengalami gejala masuk angin semacam itu, sebaiknya obati secepatnya tanpa menunggu bantuan orang lain.


1.Teh Hangat Atau Jahe Hangat



Minuman hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan kembali lancar dan asam laktat dalam tubuh akan menghilang. 

Jahe selain bisa meredakan masuk angin juga mampu mengurangi rasa mual pada ibu hamil, bagaimana jahe mengurangi mual sobat bisa baca di cara mengatasi mual saat hamil dengan bahan alami.


2.Sup ayam


Selain enak dan menghangatkan tubuh, sup ayam juga memiliki khasiat ampuh untuk menangkal masuk angin atau bahkan menyembuhkannya.  Biasanya saat masuk angin atau demam, lidah akan terasa pahit sehingga susah untuk menelan makanan berat seperti nasi atau roti.  Oleh karena itu, sup ayam dan sayuran bisa menjadi alternatif makanan yang menyehatkan.

Agar efek menghangatkan tubuhnya lebih terasa, cobalah untuk menambahkan sedikit merica dan lada ke dalam sup ayam tersebut.  Setelah perut anda kenyang, tidur pun akan lebih mudah, dan akibatnya penyakit-penyakit akan lebih mudah disembuhkan.


3.Minyak kayu putih


Saya yakin pasti kalian sudah tau minyak kayu putih. Yup, minyak satu ini memiliki aroma terapis yang cukup menyejukan, sangat cocok untuk melegakan hidung tersumbat. Selain itu, ternyata sensasi hangat yang ia berikan juga ampuh untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin.

Kamu bisa mengobati masuk angin dengan mengoleskan minyak kayu putih secara merata ke bagian perut, leher, belakang leher, kening, dan bagian lain. Jangan lupa beri pijatan lembut selama 5 menit agar minyak meresap.


4.Minum Jus Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C berguna untuk antioksidan dan mengganti sel tubuh yang rusal akibat sakit.

Penderita yang sudah mulai membaik biasanya ditandai dengan bersendawa dan flatus atau kentut. Kadang penderita juga muntah namun hanya sekali atau dua kali bukan terus menerus. Hati – hati dengan rasa masuk angin yang di tandai dengan keringat dingin disertai nyeri dada tumpul di sebelah kiri dan tembus sampai belakang punggung menjalar ke lengan kiri. Hal tersebut merupakan tanda dari gangguan pada jantung. Jika sobat mengalami nyeri yang seperti itu segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan. Semoga bermanfaat.


5.Kurangi aktivitas fisik dan perbanyak istirahat


Kerja lembur, kurang istirahat, begadang, dan aktivitas berlebih lainnya dapat memicu tubuh mengalami masuk angin. Ada baiknya mulai sekarang kamu memperbanyak istirahat atau tidur. 

Jangan lupa gunakan pakaian yang hangat seperti jaket, sweater, penutup kepala, dan lainnya ketika tidur. Idealnya minimal kita harus mencukupi waktu tidur selama 8 jam, kurang dari itu tidak baik, begitu juga melebihi.


Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...