TERNYATA INILAH MANFAATNYA MENDONGEN ANAK SEBELUM TIDUR



KABARMANUSIA-Seiring perkembangan zaman, banyak orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Kini para orang tua lebih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka.
Padahal dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat untuk anak.
Selain menghibur, aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang.
keuntungan bagi anak-anak kita jika mereka mendapatkan dongeng. Perlu kita ketahui bahwa dongeng anak-anak sangat berguna meskipun pada praktiknya kita mempunyai banyak sekali halangan seperti perasaan lelah setelah bekerja dan menganggap mendongeng untuk anak menjadi sangat merepotkan. 

Padahal manfaat dongeng untuk anak sangatlah banyak seperti merekatkan hubungan orang tua dengan anak dan mendongeng juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan anak secara emosional.

Masih ada lagi manfaat lainnya yang akan diuraikan dibawah ini:


Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Perlu kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia imajinasi, Jadi anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman khayalannya. 
Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap terkontrol. Dengan dongeng anak-anak maka inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka kearah yang baik.

Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa

Dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak, Perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang anak-anak terutama anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. 
Hal ini dikarenakan anak perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada anak laki-laki, Kemampuan verbal adalah kemampuan awal yang dimiliki anak-anak dan inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini juga yang menyebabkan mereka lebih terlatih dalam berbahasa. 



Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

Namun ingat, hindari memberikan dongeng kepada anak melalui perantara teknologi. 


Contohnya membiarkan anak menonton cerita melalui televisi atau mengunduh aplikasi dongeng pada gadget, lalu membiarkannya melihat dan mendengar cerita melalui layar.
Membacakan dongeng adalah sebuah kegiatan interaktif yang mana Anda dan anak bisa bertukar pikiran tentang cerita tersebut.
BACA JUGA :
Namun jika dilakukan oleh media digital, kegiatan ini bisa menjadi satu arah. Dongeng digital bisa membuat anak kehilangan daya imajinasi dan kemampuan berpikir karena dia hanya diberi sebuah tontonan saja.
Awalnya mungkin Anda merasa tidak bersemangat mendongeng, terutama jika si Kecil belum memahami apa-apa atau mungkin Anda sedang repot dengan berbagai pekerjaan rumah tangga sehingga tidak memiliki waktu untuk mendongeng.
Sebenarnya mendongeng itu mudah. Luangkan saja 10 hingga 15 menit sehari untuk menceritakan sebuah kisah kepada anak. Bisa dilakukan sebelum tidur siang, sebelum tidur pada malam hari, atau jika Anda dan si Kecil tidak sedang lelah. Yang terpenting, lakukan dengan senang agar Anda bisa total saat menyampaikan cerita.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...