DAFTAR 5 JENIS PENYAKIT KANKER PALING MEMATIKAN



KABARMANUSIA-Ketika berbicara tentang suatu penyakit, kanker mungkin menjadi penyakit yang menduduki peringkat teratas sebagai penyakit yang paling mematikan. Demi menghindarinya, banyak orang yang rela untuk mengubah pola hidup mereka menjadi lebih sehat. Dan saat seseorang sudah terdiagnosa penyakit ini, maka kanker seolah menjadi akhir dari dunia

Kanker terjadi karena adanya DNA sel yang telah bermutasi dan kemudian ketika sel tersebut membelah melalui proses mitosis, DNA yang rusak kemudian di salin ke dalam sel yang baru – yang kemudian semakin menyebar dan membentuk tumor atau kanker. Pada waktu yang bersamaan, sel-sel kanker melakukan reproduksi yang cenderung lebih cepat dari sel-sel lainnya karena memiliki rentang hidup yang cukup pendek; dengan demikian kanker bisa menyebabkan kerusakan dalam waktu cepat dan pada tahap tertentu tidak bisa dikendalikan lagi. 

Jika sel-sel kanker tersebut merupakan bagian dari organ penting, maka organ tersebut bisa berhenti bekerja dan mengakibatkan berbagai komplikasi dan kematian. Dalam beberapa kasus lain, kanker bisa menyebar ke area lain (metastasis) Inilah mengapa kanker sebaiknya dideteksi sejak dini dan kemudian dihilangkan sebisa mungkin.

BACA JUGA :


Ketika sel kanker berkembang di lever, maka seluruh fungsi dan organ dalam tubuh bisa terganggu. Pria merupakan makhluk yang berisiko lebih tinggi untuk terkena jenis kanker ini dibandingkan dengan wanita. Dan deteksi secara dini bisa membantu mencegah efek fatal dari penyakit ini.

Berikut adalah 5 jenis kanker paling berbahaya dan mematikan:

1.Kanker Liver



Kebanyakan dari kamu mengetahui bahwa lever hanya berfungsi untuk menyaring racun. Namun, organ dalam ini juga berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan gula menjadi energi, menjaga kesehatan pencernaan, serta mencegah pembekuan darah.

Ketika sel kanker berkembang di lever, maka seluruh fungsi dan organ dalam tubuh bisa terganggu. Pria merupakan makhluk yang berisiko lebih tinggi untuk terkena jenis kanker ini dibandingkan dengan wanita. Dan deteksi secara dini bisa membantu mencegah efek fatal dari penyakit ini.


2.Kanker Paru-Paru


Kanker paru-paru menyumbang sekitar 28,3% dari semua kematian yang disebabkan oleh kanker; mendudukkan kanker jenis ini sebagai kanker penyebab kematian nomer 1 di dunia. Di seluruh dunia, kanker paru-paru menyebabkan kematian 1,5 juta orang per tahun. Ciri kanker ini tentu saja ditandai dengan perkembangan sel kanker pada jaringan paru-paru dan sekitarnya. Kanker jenis ini termasuk karsinoma yang berasal dari sel epitel

Kanker paru-paru dapat dilihat melalui radiografi dada atau computed tomography scan (CT scan) dan dikonfirmasi dengan biopsi. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebagai deteksi kanker ini adalah gejala-gejala seperti batuk darah, sesak nafas, batuk kronis, mengi, nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, dan kesulitan menelan.

3.Kanker Pankreas



Berdasarkan estimasi, kanker pankreas bisa membunuh sekitar 42.000 setiap tahun. Kanker pankreas bisa menjadi sangat membahayakan sebab tidak ada tanda awal dari munculnya penyakit ini.

Beberapa penderita mengalami gejala yang berbeda-beda seperti rasa sakit di perut bagian atas atau belakang, kehilangan nafsu makan, atau mudah lelah. Untuk itulah deteksi dini akan adanya potensi penyakit ini sangatlah diperlukan.

4.Kanker Usus


Kanker usus diprediksi menjadi kanker kedua yang paling mematikan baik bagi pria maupun wanita.

BACA JUGA :

Kanker usus biasanya dimulai dengan pertumbuhan polip di usus besar. Ketika hal ini tidal terdeteksi, maka secara cepat akan berkembang menjadi kanker yang ganas. Pola hidup yang tidak sehat dianggap menjadi faktor terbesar munculnya kanker usus.
5.Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi di kalangan wanita. Selain wanita, pria pun berpotensi untuk terkena penyakit yang sama.
Ada beberapa faktor yang membuat wanita berisiko besar untuk terkena kanker payudara yaitu genetika, terapi penggantian hormon, serta konsumsi alkohol.
Gejala dari penyakit ini adalah perubahan di puting yang tidak biasa, benjolan mencurigakan, serta berubahnya ukuran payudara.


Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...