Ciri-Ciri Makanan Sehat Ala Jepang


FUNESIA.NET-Negara jepang memang merupakan negara yang banyak sekali akan halhal yang menarik lainnya dan tidak ada di indonesia. Bukan kebudayaannya saja yang menarik akan tetapi pola makannya juga menarik.

Jepang merupakan Negara yang mayortitas penduduknya berkulit putih. Jepang juga terkenal akan kebudayaannya yang sangat unik dan begitupun dengan menerapkan pola makan yang sehat. Makanan yang dihindangkan ala jepang ketika akan mendekati jam makan bersama keluarga mereka akan menyajikan makanan yang mempunyai komposisi yang sesuai, tidak berlebihan adan juga tidak kurang. Yang paling harus diperhatikan adalah kandungan atau komposisi gizi yang ada dalam makanan dan keseimbangan , diantaranya nasi, lauk pauk, ikan, buah sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang baik.

Kebutuhan asupan makanan yang masuk dalam tubuh memang harus sangat di perhatikan, kita sebagai penghuni Indonesia tercinta ini harus paham akan hal itu. Mungkin di Indonesia dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang di jamin nilai gizi nya sudah mencukupi tubuh kita.



Budaya Makan ala Jepang




Budaya yang terdapat pada Negara ini memang sangat diperhatikan, tak lain mengenai pola makan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Negara jepang merupakan Negara yang yang selalu menjaga kebudayaannya. Untuk jenis makanan yang meraka konsumsi mereka lebih memilih makanan yang tradisional yang sehat ala masakan rumahan meraka diantaranya okara, bonito, hijiki, kelp, susi, dan konyaku adalah beberapa contoh makanan sehat rumahan yang di buat sendiri. Di samping itu mereka selalu berkumpul (satu keluarga) bersama ketika sedang makan. 

Mengunyah makanan dengan baik




Jepang juga menjadikan pola memakan makanan yang baik adalah dengan mengunyah makanan dengan sempurna. Yakni dengan 30 kunyahan, sebab dengan keunyahan yang baik akan membuat daya kerja otak menjadi lebih baik. Selain itu dengan jumlah kunyahan yang baik akan melancarkan pencernaan dan membuat pertumbuhan dagu dan gigi menjadi lebih kuat .

Makanan yang disajikan Buatan Sendiri




Orang jepang lebih memanfaatkan kekreatifitasannya dengan memasak sendiri makanan yang akan mereka konsumsi. Mereka membuatnya sendiri , karena dengan memasak makanannya sendiri mereka lebih senang sebab mereka lebih tahu komponen bahan dan kualitasnya . misalnya makanan yang meraka buat sashimi atu sushi. Tentunya terjaga kebersihannya di bandingkan makanan luar siap saji yang belum tentu kita mengetahui kualitasnya seperti apa, bisa –bisa membahyakan bagi kesehatan kita sendir. Cara yang seperti ini patut di terpakan oleh Indonesia selain belajar berhemat kita juga lebih tahu kandungan apa saja yang ada di dalam masakan tersebut.

Makanan Harus Bervariasi




Ini adalah hal yang paling membuat selera makan kita bertambah. Dengan bermacam-macam banyak variasi makanan yang disajikan tidak akan membuat kita kehilangan nafsu maka dan merasa bosan dengan makanan yang hanya itu-itu saja . Sebab dengan banyaknya dan variasi makanan yang harus di makan. 

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...