10 NEGARA TERKAYA DIDUNIA




Keberhasilan sebuah negara salah satunya tercermin dari tingkat GDP (Gross Domestic Product) atau pendapatan nasional bruto yang merupakan tolak ukur dalam menentukan tingkat kemakmuran suatu negara dilihat dari skala pendapatan nasional. Tetapi karena jumlah penduduk disetiap negara berbeda, GDP ini harus di normalisasi dengan jumlah penduduk nya. Caranya adalah dengan menghitung pendapatan nasional suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk pada tahun bersangkutan, cara ini disebut sebagai GDP per capita. 
Semakin tinggi tingkat GDP per kapita bisa dikatakan bahwa negara bersangkutan makin kaya. GDP per kapita ini secara umum juga memberikan informasi mengenai kekayaan masyarakatnya. Karena biaya hidup di setiap negara berbeda, kita bisa mempertimbangkan perbedaan biaya hidup di tiap negara dan berusaha normalisasi untuk biaya hidup juga. Normalisasi biaya hidup bisa dilakukan dengan Purchasing Parity Power GDP per capita, yaitu dengan konversi ke internasional dollar menggunakan konversi biaya hidup. Indeks ini cocok sekali untuk mengukur masyarakat negara mana yang memiliki taraf hidup tertinggi. Untuk negara terkaya, kita akan menggunakan data GDP nominal per capita, tanpa menggunakan normalisasi. Kita akan membahas biaya hidup dan taraf hidup di future post.
Merujuk dari data GDP percapita Bank Dunia tahun 2015 maka ini adalah 10 negara terkaya di Dunia di mulai dari urutan teratas.

1.LUXEMBORG



Luxemborg yang nama resminya Keharyapatihan Luksemburg  merupakan salah satu negara terkecil di Eropa tapi di nobatkan oleh Bank Dunia sebagai negara terkaya di Dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai USD 110,665 atau sekitar 1 milyar. Padahal negara ini hanya sebuah negara kecil dengan luas sekitar 2.586 kilometer persegi. Negara Luxemborg ini di kelilingin oleh tiga negara yaitu Perancis, Jerman dan Belgia menjadikan dia selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya terbukti dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu Perancis, Jerman dan Luxemborg. Negara ini mempunyai tingkat pengangguran yang rendah. Menurut Wikipedia tingkat penggaguran di negara ini hanya 4,4%  pada juli 2015.

2.NORWEGIA


Di negara yang dikenal dengan julukan Tanah Matahari Tengah Malam ini memiliki tingkat GDP yang tinggi dan memiliki perbedaan yang tipis dengan GDP Luxembourg. GDP negara Norwegia mencapai USD 97,363 (IDR 1.363.028.000) per tahunnya. Norwegia merupakan salah satu negara yang modern di benua Eropa yang juga dikenal memiliki cadangan minyak dan gas yang cukup melimpah serta menjadi negara pengekspor minyak.

3.MACAU


Macau adalah kolonia tertua Eropa di tiongkok. Macau berada di tepi barat Sungai Pearl Delta di selatan Provinsi Guangdong, Cina. Macau memiliki bisnis besar di bidang kasino dan properti. Pendapatan perkapita di negara ini mencapai USD 96,444.

4.QATAR


Qatar terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Qatar berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah selatan. Perekonomian negeri ini berfokus pada perikanan dan mutiara pada awalnya. Transformasi ekonomi yang terjadi sekitar tahun 1940-an menjadi titik balik bagi industri di Qatar yang menjadikan negara ini sebagai negara pengekspor minyak dan gas bumi. Dari situlah pendapatan utama Qatar didapatkan. Tingkat GDP per kapita yang dimiliki negara ini berada pada tingkat USD 93,397 (IDR 1.307.558.000).

5.SWISS


Di urutan ini ditempati oleh Swiss sebuah negara yang sebagaian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen. Swiss berbatasan dengan negara Perancis, Jerman, Austria dan Italia. Swiss memiliki empat bahasa resmi Perancis, Jerman, Italia dan Romansh.Negara yang terkenal dengan kualitas jam tangannya ini merupakan pusat perbankan dan investasi terbaik dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai USD 84,733. Dalam bidang ekonomi Swiss juga melakukan eksport bahan kimia dan mesin industri.

6.AUSTRALIA


Benua dan sekaligus negara, Australia, termasuk dalam daftar negara terkaya di dunia. GDP per kapita pada tahun 2014 dilaporkan mencapai tingkat USD 61,887 (IDR 866.418.000). Pemasukan terbesar Australia berasal dari tambang hasil bumi berupa uranium dan emas yang begitu besar. Selain itu masih didukung dengan pendapatan dari sektor pertanian, industri, perkebunan, dan pariwisata.

7.DENMARK


Pendapatan perkapita negara ini sebesar USD 60,634. Denmark merupakan negara yang paling minim korupsi. Selain itu yang membuat negara ini termasuk salah satu negara terkaya adalah sektor pendapatan yang cukup besar yang berasal dari sektor energi, transportasi, teknologi dan publik lainnya.

8.SWEDIA


Swedia dilaporkan sebagai negara terkaya dengan pendapatan per kapita pada tahun 2014 dilaporkan mencapai USD 58,887 (IDR 824.418.000). Pendapatan terbesar dari Swedia berasal dari pajak yang diketahui ditetapkan cukup tinggi sebagai implikasi dari standar hidup tinggi yang berasal dari kualitas pengembangan ilmiah dan teknologinya. Selain itu, negara ini juga dikenal memimpin segmen farmasi dan telekomunikasi. Swiss merupakan rumah bagi sederet perusahaan multinasional seperti Nestle, Logitech, dan Rolex.

9.SINGAPORE




Kembali negara tetangga kita berhasil menempati urutan kesembilan sebagai negara terkaya di Dunia versi Bank Dunia. Dengan pendapatan perkapita USD 56,286. Singapura merupakan negara dengan luas wilayah kecil dengan tingkat kepadatan penduduk yang besar mirip dengan Luxemborg.

10.AMERIKA SERIKAT





Di urutan terakhir di pegang oleh Amerika serikat 
dengan pendapatan perkapita sebesar USD 54,629.
Negara yang berjuluk Paman Sam ini merupakan negara
dengan perekonomian termaju di Dunia. Negera ini 
memiliki sumber daya alam yang berlimpah, 
infrastruktur yang maju, dan produktivitas yang tinggi.

BACA JUGA :




















Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...