10 MANFAAT BERSEPEDA UNTUK KESEHATAN



KABARMANUSIA-Bersepeda adalah salah satu olahraga paling mudah dan paling nyaman. Anda cukup bersepeda sejauh beberapa puluh kilomter maka tubuh anda sudah cukup terpenuhi kebutuhan olahraga harian. Bersepeda secara rutin juga sangat banyak sekali manfaatnya terhadap kesehatan di tubuh anda. Tentu jika anda saat ini sudah hobi bersepeda maka jangan pernah berhenti dari hobi anda tersebut. Sementara untuk anda yang belum bersepeda segeralah bersepeda untuk bisa menikmati manfaat berikut ini.

1.TUBUH MENJADI LANGSING

Bersepeda ternyata bisa membuat tubuh anda terus langsing karena bersepeda sendiri akan membuat tumpukan lemak menjadi berkurang karena terbakarnya sejumlah kalori di tubuh anda. Sementara bentuk dari bokong anda sendiri juga semakin kencang karena otot gluteus bekerja secara terus menerus.

2.SENDI JADI KUAT

Bersepeda memang akan lebih banyak menggerakkan sendi-sendi kaki anda. Semakin sering anda mengayuh sepeda maka kekuatan dari sendi tersebut akan semakin terlatih dan menjadi kuat dengan sendirinya secara alami. Sehingga ketika usia sudah senja sendi-sendi anda pun akan terus kuat dan terjaga.

3.PERNAFASAN

Nafas tersengal-sengal ketika bersepeda ternyata adalah efek positif terhadap kondisi pernafasan di tubuh anda. Dengan begini anda terus bisa melatih dan mengatur pernafasan anda agar semakin baik dan kuat. Namun pastikan sebelum bersepeda jarak jauh agar anda melakukan sedikit pemanasan terlebih dahulu.

4.JARANG TERKENA PENYAKIT

Tubuh jelas akan semakin bugar karena kekebalan tubuh juga bekerja dengan baik. Bersepeda memang akan mengaktifkan semua sel di dalam tubuh sehinga tubuh akan lebih tahan dari berbagai bakteri atau kuman penyebab sakit.

5.SAKIT PUNGGUNG

Dengan sering bersepeda dijamin keluhan sakit pada punggung anda akan perlahan berkurang. Rutinlah bersepeda karena selain menguatkan otot dan sendi, posisi punggung lambat laun juga akan kembali normal dan jarang mengalami sakit lagi.

6.KESEHATAN JANTUNG

Bersepeda juga membuat jantung anda semakin sehat dan kuat. Detak jantung semakin berirama dan peredaran darah di tubuh juga ikut normal. Tentu jika sudah begini dijamin tubuh akan terus segar dan jarang merasa kecapekan lagi.

7.OTOT MENGENCANG

Semakin kencang otot anda maka anda akan jarang mengalami keseleo atau rasa linu di beberapa bagian tubuh anda. Otot yang kencang dan sering digerakkan akan jauh lebih nyaman dan tidak ada keluhan rasa sakit dibanding orang yang jarang bersepeda atau olahraga.


8.DIET SEHAT

Bersepeda juga bisa dijadikan sebagai pilihan diet sehat karena tidak terlalu menyiksa tubuh anda dengan berbagai hal diet yang terkadang malah menyiksa tubuh.

9.KERANGKA TUBUH LEBIH KUAT 

Bersepeda memang terkadang dianggap membuat posisi badan menjadi membungkuk dan malah menyiksa kerangka. Namun jangan salah, hal tersebut malah membaut kerangka tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah pegal.

10.STRESS BERKURANG

Stress adalah salah sumber utama berbagai penyakit di dalam tubuh, maka hilangkan stress dengan bersepeda ke tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah bersama teman-teman anda. Dengan begini rasa stress hilang, kesehatan anda dapat, dan perasaan senang menjadi nilai lebihnya.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

Loading...